IQRA !

13.37 ben odra 0 Comments


Iqra !!! BACALAH!!, itu lah wahyu pertama yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad  SAW dengan turunnya wahyu tersebut maka ditetapkanlah Nabi Muhammad sebagai Rasul Nya.
Dalam postingan saya ini, tidak mendetail dalam pembahasan tentang ayat tersebut dan surahnya, namun terlebih kepada perintah membaca tersebut. Membaca bagi saya adalah sebuah kebutuhan, makanan pokok, nutrisi hati, dan lain-lain. Dari kecil saya sudah hobby membaca apapun itu, kertas-kertas dijalan, tulisan didinding dan tentu saja buku pelajaran. Saya ingat ketika kecil ada sebuah majalah anak-anak yang sangat terkenal dan pasti teman-teman semua tau, ya .. majalah BOBO , untuk membaca itu saya harus menabung agar tiap minggu bisa membeli edisi terbarunya, meski tidak jarang juga saya terlewatkan dan tidak terbeli, ya karena  tidak ada anggaran untuk membeli majalah tersebut dari ibu saya, masih banyak hal-hal lain yang lebih mendesak untuk dibeli, maklum saja saat itu ibu saya sudah single parent dan berusaha mencukupi seluruh kebutuhan anak-anaknya yang primer pastinya.
Selain menabung ketika SD dulu disekolah sudah ada arisan dengan teman-teman sekelas saya hehehe... lumayan kalau dapet bisa buat beli majalah bobo yang sudah terlewatkan dengan membeli satu bundel tebal di toko buku bekas, kalau ada lebih buat beli parfum 5000 atau buku latihan ulangan SD. Gak penting edisinya yang penting bisa dibaca ....Saking sukanya saja membaca, tiap ibu saya keluar kota pasti minta oleh-olehnya buku cerita atau apalah yang penting buku, meski dalam hati juga mengharap ada oleh-oleh selain buku hehehehhehe....Kebiasaan saya membaca berlanjut meski agak terhenti  saat masuk pesantren jenjang SMP SMA, tapi saat itu jarang membaca buku selain buku pelajaran, karena selain kegiatan padat, materi pelajaran juga memaksa saya untuk membaca bukunya. Kebiasan membaca dan  membeli buku berlanjut kembali saat menjadi mahasiswi, adanya sedikit waktu luang dan kesempatan untuk membeli buku di toko buku luar pesantren memudahkan hobby saya, paling tidak tiap 2 bulan ada buku baru yang saya punya, macam-macam dari novel , sejarah, hukum, kewanitaan, motivasi kebanyakan sih buku-buku best seller. Alhamdulillah saat itu tidak perlu lagi menabung atau sampai ikut arisan agar bisa beli buku, karena kehidupan kami sudah stabil dan bulan dari ibu juga sudah cukup untuk macam-macam.Gara-gara kebiasaan saya membeli dan membaca sampai saya harus beli lemari kecil untuk menyimpan buku-buku tersebut, dan jika saya terkadang membongkarnya untuk dibersihkan, tidak jarang adik kelas saya dikamar nyeletuk " wesss ka bena lagi buka perpustakaan" dan biasanya langsung mulai berkumpul disekitaran lemari untuk pinjam dan baca-baca, tentunya dengan ultimatun keras dari saya, jangan sampai basah bahkan hilang, karena bagi saya lebih baik kehilangan uang daripada kehilangan buku. Uang ada gantinya, kalau buku kita tidak tahu di pasaran masih ada apa tidak.Yah membaca sudah menjadi jiwa tersendiri bagi saya, sampai saat ini saya susah tidur kalau tidak berpelukan dengan buku, meski cuma selembar kertas saja, dan karena begitu setiap saya bangunn tidur, lembaran-lembarannya sudah terlipat lipat karena dibawa tidur, tapi ya sudahlah memang begitu ....Setiap perjalanan, pasti ada buku di tas saya.Membaca, itu sangat penting karena dari membaca kita bisa menjadi lebih dewasa, lebih bijak, berwawasan, berpendidikan dan banyak lagi manfaatnya, seperti yang saya tulis di awal tadi, Allah memerintahkan Rasulullah dan sekalian umatnya untuk membaca, kenapa IQRA !!! (bacalah) bukan U'BUD !! (beribadahlah) ??? karena kunci dari semuanya pertama-tama kita harus membaca agar tahu, setelah tau baru kita bisa memutuskan sesuatu. Allah menyuruh kita membaca terlebih dulu, untuk bisa memahami mengetahu tanda-tanda, petunjuk yang ia berikan, agar setelah tahu dan paham kita bisa berbuat benar, jadi membaca dulu, tahu dan paham agar dapat beribadah dengan benar kepadaNya. Karena beribadah tanpa tahu dan paham kaidah-kaidahnya, akibatnya bisa bermacam-macam (tidak perlu dijelaskan disini, kalau kita menyadari, ada banyak disekitar kita yang beribadah tanpa tahu apa esensi, kaidah dari ibadah itu sendiri). Dan lagi pula Allah meninggikan derajat bagi mereka yang berilmu, pentingnya ilmu itu agar kita bisa memahami ayat-ayatNya yang tersebar di seluruh jagad ini, dan bagaimana agar mendapat ilmu tentu saja dengan membaca, tidak cukup membaca buku pelajaran saja, tapi harus didukung dengan buku-buku lain.Begitu hebatnya sebuah ilmu dan begitu celakanya bagi yang tidak berilmu, keporakporandaan terjadi dimana-mana akibat orang- orang yang tidak berilmu. Dan asal tahu saja, Allah tidak pilih kasih terhadap hambaNya yang berilmu dan tidak berilmu,  orang kafir bisa berenang dengan orang beriman yang tidak bisa berenang, yang selamat yang bisa berenang  jika berada ditengah2 sungai, contoh kecilnya saja. Karena  begitu pentingnya ilmu bagi kehidupan manusia.Dan agar mendapat ilmu tentu saja dengan membaca, membaca buku, membaca tanda-tanda kekuasaanNYa di sekitar kita, tentu saja kan membuat kita lebih bijak dan arif dalam menghadapi masalah.Dan tidak ada istilah rugi untuk membelanjakan uang anda untuk membeli buku, karena membaca itu penting. sekali lagi PENTING.YOU ARE WHAT YOU READ 

0 komentar: